Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Tips mengemudi di jalan basah

Tips mengemudi di jalan basah

Diposting pada 16 March 2016 oleh yuwono

jalan basah

Musim hujan telah tiba cuaca yang teuh dan suasana yang basah akan menjadi pemandangan rutin sehari hari . Meskipun jangan sampai menghambat aktivitas ,tetapi musim hujan menuntut anda extra hati hati dalam mengemudi ketika hujan mobil dapat mengalami aqua planning ,hal ini terjadi bila air di depan ban mobil  berkumpul lebih cepat

dari pada yang dapat di dorong oleh berat mobil tekanan dari air mengangkat mobil anda sehingga melayang di atas air yang ada diantara ban dan permukaan jalan. pada saat itu mobil anda akan kehilangan kontak dengan permukaan jalan.sehingga anda dapat slip keluar dari laju anda bahkan keluar dari jalan.

berikut tips dari kami  :

Periksa ban anda secara rutin

Jaga tekanan udara dalam ban sesuai anjuran,jangan lupa mengecek juga kedalaman alur, kedalaman yang cukup akan menghindari mobil tergelincir (slip) atau melayang diatas air (aqua planning) kalau ban anda sudah aus,maka sebaiknya diganti karena nyawa tidak ada gantinya.

Kurangi kecepatan

Pada saat hujan ,air berkumpul dengan lumpur dan oli dipermukaan jalan, sehingga membuat permukaan jalan menjadi licin dan ban mudah slip. cara tebaik menghindari slip adalah mengurangi kecepatan.sehingga lebih banyak alur ban akan bersentuhan dengan permukaan jalan dan daya cengkramannya akan lebih baik.

Hindari menginjak habis rem

Slip bisa terjadi bahkan pada pengemui  yang paling paling hati hati sekalipun. jika mobil anda mulai tergelincir,jangan sekali kali menginjak rem anda .lepaskan injakan pada pedal gas sampai kecepatan mobil berkurang dan anda dapat kembali merasakan cengkraman ban pada permukaan jalan. jangan pompa rem bila mobil anda dilengkapi anti-lock braking system (ABS) ,sebaliknya tekan dengan pasti dan arahkan kemudi. sesuai arah slip mobil. komputer di sistem rem akan melakukan pemompaan sendiribila diperlukan.

Jaga jarak dengan mobil di depan

Mengemudi di cuaca basah menuntut anda cermat.dalam menggunakan kontrol-kontrol utama  kemudi ,pedal pedal kopling,rem dan gas.Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik.Dijalan basah,jarak pengereman tiga kali lebih panjang dari pada di jalan kering. Karena dibutuhkan jarak lebih besar ,anda tidak menempel mobil di depan (tailgate) sekurang kurangnya pertahankan jarak dua kali panjang mobil di antara anda dan mobil di depan, sehingga dapat menghindari kecelakaan fatal .

Ikuti arah mobil di depan anda

Sebaiknya usahakan mengikuti jejak yang ditinggalkan ban ban mobil didepan anda. Hidupkan lampu depan ,meskipun hujan tidak terlalau lebat ,karena tidak saja membantu anda melihat tetapi juga  membantu pengemudi lain melihat anda .jika mobil anda dilengkapi daytime running lights,hidupkanlah lampu depan agar kendaraan  dibelakang anda dapat melihat anda dengan baik.

Kalau hujan terlalu lebat,berhenti saja

Hujan lebat akan membebani penghapus kaca (wiper) sehingga kaca depan selalu tertutup air,bila pandangan kedepan sangat terbatas dan anda tidak bisa melihat batas batas jalan ataupun kendaraan -kendaraan lain.Itu tandanya anda harus meminggir dan berhenti sampai hujan reda. carilah tempat tempat yang aman,kalau terpaksa berhenti dipinggir jalan , berhentilsh kepinggir sekali .Hidupkan lampu depan dan lampu hazard untuk membuat tupengemudi-pengemudi lain waspada.

Hujan awal membuat jalan sangat licin

Bila hujan baru saja turun ,lumpur dan minyak di jalan jadi berpencar dengan air dan membentuk lapisan yang sangat licin, kontrol atas mobil akan berkurang oleh sebab itu pengemudi harus berhati hati selama setengah jam pertama setelah hujan mulai turun. (  tips diberikan oleh jenner powell, goodyear commercialization director for consumer tires-asia pasific}

Incoming search terms:

Bagikan informasi tentang Tips mengemudi di jalan basah kepada teman atau kerabat Anda.

Tips mengemudi di jalan basah | Offroad Jual Ban Truk Offroad | Ban | 08158046836

Belum ada komentar untuk Tips mengemudi di jalan basah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan